Jumat, 31 Agustus 2018

SISI HITAM PUTIH SHADOW ECONOMY

Judul : Pergi
Penulis : Tere Liye
Co-author : Sarippudin
Editor : Triana Rahmawati
Cover : Rezolusy
Layout : Alfian
Penerbit : Republika
Cetakan : 4, Juni 2018
Jumlah halaman : 456 hal + iv
ISBN : 978-602-57340-5-2

Kamu harus mulai mencari sekutu melawannya, gunakan strategi lama tersebut, musuh dari musuh kita adalah teman. (hal. 37-38)

Berapa banyak film, drama bahkan anime bertema action yang bertokoh mafia dengan tema kehidupan gelap? Dari sekian itu, berapa banyak yang menyisipkan tujuan hidup? Mungkin hanya beberapa seperti anime Bungo Stray Dog di mana Dazai Osamu yang terobsesi bunuh diri berusaha mencari jati diri dengan menjadi panglima eksekutif Port Mafia lalu berbalik haluan ketika sahabat terbaiknya yang tidak pernah membunuh harus tewas di depan matanya.
Nah, Tere Liye menelurkan novel bertema serupa dibalut kecanggihan teknologi. Seperti prototype yang dari novel Pulang hingga Pergi menjadi benda yang dicari oleh Bujang hingga mengantarkannya ke Meksiko. Di sana, ia bertemu dengan seorang lelaki yang memnaggilnya Hermanito (adik lelakiku dalam bahasa Spanyol). Parahnya, lelaki itu mengambil prototype dari El Pacho, salah satu keluarga shadow economy di Meksiko dan juga lebih unggul dalam pertarungan kosong dengannya. Setelah kekalahannya tersebut, Bujang kembali ke Indonesia dan mencari tahu masa lalu ayahnya hingga ia menemukan sisi melankolis Samad yang tidak pernah ia ketahui.
Belum kelar kehilangan prototype itu, ancaman Mister Dragon ke keluarga Tong benar serius. Beberapa kali percobaan menghancurkan aset keluarga Tong dan juga pembunuhan Bujang. Sesuai saran Salonga, ia pun harus bekerjasama dengan keluarga shadow economy lainnya untuk menghentikan Mister Dragon. Di mulai dengan kunjungannya ke kediaman keluarga Yamaguchi di Jepang yang sedang mengadakan resepsi pernikahan anak bungsunya hingga ke Moskow dan bertemu Maria, salah satu tokoh wanita yang akhirnya berinteraksi dengan Bujang selain Yuki dan Keiko.
Setelah kesepakatan tiga keluarga shadow economy terbentuk, Keluarga Tong yang dipimpin Bujang kembali menyerang keluarga Lin di Macau. Namun, benarkah ini yang diinginkan Bujang mengenai keluarga Tong? Ke mana ia akan pergi dan membaw Keluarga Tong sesuai janjinya kepada Tuanku Imam untuk tidak membunuh?

Tapi begitulah rumus kehidupan. Dalam perkara shalat ini, terlepas dari apakah seseorang itu pendusta, pembunuh, penjahat, dia tetap harus shalat, kewajiban itu tidak luntur. Malka semoga entah di shlat yang ke-berapa, di akhirnya benar-benar berubah.(Hal. 86)

Tidak banyak penulis lokal yang berani mengambil genre thriller suspense lalu mengeksekusinya dengan baik. Selain karya Dan Brown, saya belum menikmati novel penuh teka teki seperti karya Tere Liye. Karena itu, ada beberapa poin yang mesti diulas dari novel ini lebih detail
Tokoh.
Beberapa tokoh di novel Pulang juga hadir di novel ini. Seperti Salonga, Yuki Kiko, White yang tetap konsisten dengan karakter mereka. Tidak ada perubahan yang berarti. Begitu pula dengan Bujang yang sudah menjadi Tauke Besar. Hanya muncul tokoh baru seperti keluarga Yamaguchi, Maria dan Otets. Sejauh ini Tere Liye apik menyajikan mereka dengan kelebihan dan kekurangan baik lewat dialog dan deskripsi dengan porsi yang pas. Bahkan kehadiran Tuanku Imam di awal menjadi appertisere yang manis.
Latar
Menggunakan alur maju mundur dengan perpindahan waktu yang pas, Pergi enak untuk dinikmati. Sayang, surat dari Diego malah terasa aneh bagiku. Begitu pula karakter Samad yang berubah drastis. Juga beberapa deskripsi adegan yang seolah lompat dari POV 1 ke POV 3. Dan entah disadari atau tidak, ada feel Tere Liye yang hilang di beberapa bagian novel.
Sedangkan latar tempat yang beberapa masih sama di novel Pulang, membuat pembaca bernostagia kembali meski adegan actionnya sedikit diubah. Selain itu, penjabaran tempat pabrik senjata di Moskow, pelarian di perbatasan Meksiko dan kedimaman Yamaguchi sanggup membulatkan mata karena terpukau. Sekali lagi, saya merasa tidak tahu apa-apa tentang ilmu pengetahuan.
Konflik
Dibandingkan konflik perang antara keluarga shadow economy, pertarungan batin dalam diri Bujanglahh menjadi center di sini. Karena sejatinya, melawan diri sendiri lebih susah dibanding dengan orang lain. Dan konflik ini diramu dengan apik dengan ending yang pas. Saya rasa kebimbangan Bujang menentukan pilihan dideskripsikan dengan bagus. Hanya beberapa narasi yang menurut saya terlalu panjang meskipun tujuannya untuk menjelaskan.

Mereka memang penjahat, Diego. Tapi dunia tidak sesederhana warna hitam-putih. Aku tidak sedang membela siapapun, tapi kita semua berkepentingan menjaga keseimbangan.
(Hal. 454)

Terlepas dari itu semua, salah satu hal yang saya sukai dari novel Tere Liye, selain sarat makna kehidupan adalah informasi tentang ekonomi, politik ataupun agama yang disampaikan dengan menyenangkan. Tokoh yang tidak too good to be true tapi loveable adalah daya tarik pembaca. Karakter yang konsisten hingga akhir dan juga sosok bijaksana yang menjadi secercah pintu keluar bagi sang tokoh utama. Seolah Tere Liye ingin bilang, orang tua lebih banyak makan asam garam kehidupan dan lihatlah sebuah permasalahan lebih dekat karena dengan begitu akan dapat menilai lebih bijaksana.

Dunia selalu sederhana, Agam. Hitam dan putih. Dan aku tidak peduli soal keseimbangan. Aku justru sedang membentuk keseimbangan baru. (Hal. 454)

Minggu, 26 Agustus 2018

BLOGTOUR REVIEW MALIKA





Judul : Malika dan Cerita Cinta Lainnya
Penulis : Sefryana Khairil
Penerbit : Lekha Media
Editor : Rahma Yulia
Desain Sampul : Valdi Akbar
Jumlah halaman : 61 hal


“Relationship is not about how deep your love” (hal 45)

Halo semua. Jumpa lagi di postingan blogku, ya? Hehe. Nah kali ini aku mau ngomongin kumpulan cerpen terbaru dari Lekha Media. Yuk lihat dulu blurbnya.

Ketika rasa itu tidak kembali, bukan karena ia pergi. Namun, ia retak-pecah, tak pernah utuh lagi.
Banyak alasan untuk jatuh cinta, tetapi Malika tidak mengerti mengapa ia jatuh cinta kepada Galih, seseorang yang tidak benar-benar dikenalnya. Ah, bahkan ia juga tidak mengenal dirinya sendiri. Mengapa cinta begitu membingunkan seperti ini?
Buku ini terdiri dari 5 cerita cinta yang begitu memainkan hati. Senang iya, sedih dapat, resah, gelisah dan juga bingung. Sefryana Khairil mengambil masalah-masalah yang biasa terjadi pada hubungan dua insan manusia baik baru pedekate, kenalan, pacaran dan juga pernikahan. Konfliknya sungguh hidup karena memang mungkin pembaca juga mengalaminya. Dan kabar baiknya (?) selalu ditutup dengan happy ending. Walaupun aku ini penyuka sad ending. Hahaha.
Namun, aku rasa durasi per ceritanya kurang dieksplor dengan baik. Begitu pula karakter yang muncul di tiap part kurang dideskripsikan dengan pas. Habisnya, pas lagi nikmatin baca, eh, tahu-tahu sudah selesai. Apa mungkin juga karena faktor aku yang sudah lama tidak baca cerpen? Entahlah, yang jelas buku ini kurang tebal untuk cerita cinta yang manis.
Oh, ya, aku masih menemukan beberapa typo dan semoga bisa menjadai catatan bagi semua.
By the way, cerita yang paling aku sukai adalah Is This Love? Karena mengambil latar stasiun, kopi, illustrator dan toko buku langka. Ahhh, ini mah the best banget J

“Rasa ini adalah sepucuk surat basah.
Ketika kau baca, ia memburam kemudian melebur (hal. 9)

Psst, ada kabar baiknya juga lho. Kamu bisa dapat ebook Malika dan Cerita Cinta Lainnya ini lho. Karena… GIVEAWAY YIME. Syaratnya apa aja?
1. Follow IG @lekhamedia @sefryanakhairil dan juga @aysandbook (atau blog aku)
2. Share postingan ini di instastory kamu lalu mention aku, ya
3. Tulis done.
4.
Selesai

Giveaway ini hanya berlangsung 27-28 Agustus 2018. Akan ada 3 pemenang yang diumumkan paling lambat 30 Agustus 2018. Semoga beruntung J

Rabu, 13 Juni 2018

REVIEW CREDIT ROLL OF THE FOOL

[REVIEW] FIKSI – CREDIT ROLL OF THE FOOL


Penulis : Yonezawa Honobu
Penerjemah : Faira Ammadea
Desainer Sampul : Chyntia Yanetha
Penyunting : Cerberus404
Penerbit : Haru
Pemeriksa Bahasa : Andry Setiawan
Penyelaras Aksara : Herliana Isdianti
Penata Sampul : Iman Dayasya
Cetakan : Pertama,April 2018
Halaman : 260 hal


B*L*U*R*B
Oreki Hotaro lagi-lagio terseret oleh rasa ingin tahu Chitana Eru. Melawan keingiannya, kalli ini Hotaro harus menebak penyelesaian skenario naskah film misteri kelas 2-F yang akan ditayangkan saat Festival Kanya nanti.
Seorang siswa terjebak dalam kamar tertutup bangunan terbengkalai, mati setelah tangannya terpotong. Namun, siapa yang membunuh? Bagaimana caranya? Film itu selesai begitu saja tanpa penjelasan. Hotaro-lah yang bertugas untuk menebak siapa dan bagaimana trik pembunuhan itu dilakukan.
Namun, hanya itukah masalahnya? Atau ada sesuatu yang lebih besar dari sekadar menyelesaikan skenario film?
*****

“Semua orang harus menyadari bakat yang ada pada dirinya.” (Hal. 229)
Hisashiburi, minna-san. Cukup lama juga akhirnya bisa update ini blog dengan review buku. Habisnya, akun sebelah lebih meggoda (cek my instagram dong @book_ay). Xixixi.
Oke deh, langsung aja cus. Ini buku kedua dari serial Hyouka yang juga diterbitkan penerbit Haru beberapa bulan lalu. Tapi sebenarnya, ini buku pertama yang kubaca. Semoga ada rezeki lagi buat ngomplitin mereka. Buwahaha.
Plis deh, ini kok makin ngelantur aja, ya.
Skip.
Terus bagaimana pendapatku tentang novel ini? Bisa dibilang ini novel “mikir” yang cukup menarik. Bagian awal buku, pembaca sudah dibuat penasaran dengan dialog dua orang yang tidak jelas siapanya. Nah dari sini, penulis menggiring clue, percakapan, gerak-gerik, situasi yang menjurus ke “ini sebenarnya gimana sih endingnya”.
Meskipun olah bahasa yang sedikit kaku atau memang tipe penulisan Yonezawa-san seperti itu, aku rasa daya tarik novel ini tidak berkurang. Apalagi karakter-karakternya yang dari awal selalu konsisten dengan watak mereka masing-masing. Selipan-selipan quote yang bermakna adalah salah satu alasan kenapa aku suka baca novel terjemahan Jepang. Nggak di film nggak di buku, kalau udah bahas masa SMA, pasti aja ada sesuatu yang ngena banget.
Aku suka font yang dipilih Penerbit Haru. Enak dibaca. Kovernya pun mirip dengan buku pertama. Jadi buat diriku yang suka main instagram gini, suka bangetlah buat difotoin. Hahaha. Dan yang penting, Penrbit Haru selalu menggunakan catatan kaki yang membantu pembaca. Ah, ini salah satu penyelemat biar pas baca nggak tergoda ke mbah google buat cari maksud yang ditulis di novel.
Akhir kata, Credit Roll of The Fool, meski bukan novel genre detektif seberat karya Conan Doyle atau Agatha Christie, sanggup mengecoh pembaca dengan “keringanannya” itu. Dan juga kekepoan Chitanda Eru yang harus diselesaikan Oreki Hotaro bakalan selalu bikin kangen untuk disimak.
Ja matta ne.
Ngomong-ngomong, aku kok kesengsem ama Satoshi, ya? (Plis, deh nggak ada yang tanya, Ay )
“Yang namanya Fukube Satoshi memang tidak punya bakat, tapi memangnya Oreki Hotaro juga? Itu masih harus dipikirkan lagi. (Hal. 16)

Minggu, 25 Maret 2018

REVIEW FIKSI - THE WORLD'S BEST BOYFRIEND

[REVIEW] FIKSI – THE WORLD’S BEST BOYFRIEND

Penulis : Durjoy Datta
Desain Kover : Indah Rakmawati
Penyunting : Mery Riansyah
Penerbit : Haru
Penyelaran Aksara : Seplia
Penata Sampul : Iman Dayasya
Cetakan : Pertama, Januari 2018
Halaman : 388 hal

                                     B*L*U*R*B
         Kata orang, cinta dan benci itu berbeda tipis. Dan terkadang, kita tidak bisa membedakannya…
Dhruv adalah berandalan tampan yang populer. Aranya adalah gadis genius dengan penyakit memalukan. Mereka pernah saling jatuh cinta, tapi suatu insiden membuat keduanya menjadi musuh bebuyitan dan melupakan satu sama lain.
Hingga akhirnya mereka bertemu kembali. Kali ini, mereka menghabiskan sebagian besar waktu dengan saling membenci dan mencoba menghancurkan satu sama lain. Namun, entah kenapa mereka justru tidak dapat saling menjauhkan diri.

“Aku bisa bilang apa?ini takdir. Tapi karena kau juga di sini sekarang, aku yakin ini akan menyenangkan.” (hal. 60).

        Selamat siang di hari panas dari kota Solo. Apalagi di akhir bulan gini, suasana kok makin panas. Hehe. Nah pas juga nih bUat baca The World’s Best Boyfriend dari Durjoy Datta, Hindi-lit pertama dari Penerbit Haru yang juga “hot”.
   Jadi awal pas baca blurbnya, agak dibilang, tema yang dipakai nyaris sama dengan novel romance lainnya—suka-benci-suka lagi.  Konflik lain yang terasa familiar seperti efek broken home, pengitimewaan anak satu dibanding anak lain dan juga komunikasi itu penting antara orang tua dan anak, membuat novel ini punya pesan yang tersirat, malah amat tersirat mungkin. Pembaca akan menyelami bagaimana sosok Dhruv yang terkenal berandal tapi begitu menyukai Aranya, ayah Dhruv yang menunjukkan bahwa melepas orang dicintai demi kebahagiaannya sangat sesak tapi harus dilakukan atau Aranya yang gigih menunjukkan “ini lho gue yang hebat”. Dan mungkin novel ini jadi sedikit menggambarkan “oh begitu ya kehidupan di India sana” meskipun tidak 100%. Ngomong-ngomong, kok aku banyak sekali pakai kata “mungkin” ya. Hmmm abaikan-abaikan.
   Cus lanjut.
     Tapi mengingat label 21+ di cover belakang, pembaca diharap mematuhi aturan ini ya. Plis jangan dilanggar karena emang banyak hal yang hal-yang-tidak-boleh-dibaca-atau-dilakukan mengingat penulis cukup liar mendeskripsikannya. Bahkan candaan Dhruv dan temannya itu selalu menjurus ke itu. Entahlah, aku nggak dapat feel mengapa adegan “itu” harus diceritakan. Menurutku diskip aja nggak masalah. Peace. Hehe.
      Terlepas dari itu semua, aku salut dengan penerjemah dan editornya. Terjemahannya mudah dimengerti dan minim typo. Yeay! E tapi, Penerbit Haru, aku suka pembatas bukunya kayak kemarin pas aku baca Voice in My Head, terlihat easy going dan nggak kaku. Monoton aja sih pembatas buku selalu berbentuk persegi panjang. Xixixi.
Oh ya, lewat novel ini aku tahu bahwa menjadi berbeda itu memang sulit but why not? Kamu bisa menonjolkan kemampuan lebihmu dengan cara positif (harusnya).
      Demikian review novel The World’s Best Boyfriend dariku, sebelum undur diri, di akhir blogtour nanti akan ada giveaway di page Penerbit Haru, nah salah satu pertanyaannya ada di blogku. And what is that?

Siapakah gadis yang disukai Dhruv?”

Gampang kan jawabannya? Kamu simpan dulu jawabannya sampai akhir blogtour ya.
      Akhir kata, terima kasih buat Penerbit Haru atas kesempatan yang diberikan untukku. Yeay! Semoga kita bisa kerjasama lagi. See you soon Ayam Haru. Salam buat dedek Paus Spring dan Rubah Inari ya. Bilang kangen dariku. Haha.

PS: Margin, font dkk nya hancur karena posting lewat hp 😭

Sabtu, 10 Maret 2018

REVIEW HEARTBREAK FORMULA

[REVIEW] FIKSI – HEARTBREAK FORMULA

Penulis: Mpur Chan
Desain Kover: Indah Rakmawati
Penyunting: Yooki
Penerbit: Haru
Layout Kover: @teguhgra
Penyelaran Aksara: Seplia
Cetakan: Pertama, Desember 2017
Halaman: 292 hal

Sore tadi, pukul 06.45 di hari ulang tahun Harry yang ke-18, aku menabrakkan diri pada sebuah mobil yang melaju.
Hary… pria yang kupercaya dan selalu ada untukku berubah sejak kami masuk SMA. Pria itu tak lagi ada di sampingku bahkan ketika aku sedang berada di titik terendah dalam hidupku.
Kupikir aku punya jawaban untuk masalahmu,” ujar Dokter Cornell, merendahkan suuaranya. “im penelitianku sedang berskperimen membuat formula untuk membuat manusia lupa akan kejadian buruk di masa lalu. Formula Olvidelo.”
Ketika penawaran itu datang, sebuah pintu baru seolah terbuka di hadapanku.
Formula itu mungkin adalah jawabannya. Namun masalahnya, aku tak tahu apakah formula itu akan menyelamatkanku …tau mal;ah menjeremuskanku.

Hisashiburi! Hufh aku udah mulai bersih-bersih blog nih! Banyak sarang laba-labanya juga. Hehe.
Yeyay, ini review pertamaku di tahun 2018. Novel dari Penerbit Haru yang kubaca di tahun ini karena blurbnya yang langsung buatku memicingkan mata. Bunuh diri. Aku sellau tertarik dengan novel yang mengangkat tema kayak gini. Seperti ada magnet tak kasat mata untuk dilihat. Cus this is out:

Setelah mencoba bunuh diri untuk kedua kalinya dan gagal, Summer memutuskan untuk mengiakan tawaran dokter Cornell tentang penelitian formula Olvidelo. Di tempat penelitian, ia bertemu dengan kesebelas anak lainnya yang juga memiliki masalah hampir sama. Ke semua obek penelitian itu dinamakan berdasarkan nama bulan dalam setahun dan dikelompokkan menjadi 3 grup. Summer yang sekarang disebut April, berkelompok dengan June, May dan December. Nyatanya, ketika April mencoba menghidar dari segala interaksi dengan obyek penelitian lain, ia malah dekat dengan June yang bertekad tetap akan bunuh diri setelahkeluar dari Zanson Survival Shelter. Sanggupkah Summer mencegah tindakan June sedangkan dirinya juga ingin melakukan hal yang sama? Lalu bagaimana hubungan April dengan ibu dan ayah yang pergi meninggalkannya?

Menurutku, tokoh Summer di sini membuatku miris. Karena kupikir banyak sekali di sanan, orang-orang yang merasa sendiri. Bahkan ia tidak merasa punya keluarga ketika orang yang ia panggil keluarga tepat di sampingnya.
Aku suka cara kak Mpur Chan menuturkan cerita mirip novel terjemahan. Entahlah feelku ngerasa gitu. Dan lagi, risetnya kece! Salut. Karena yang nggak asal tulis gini selalu punya kesan mendalam. Ceile. Meskipun aku ngerasa juga masalahnya kurang dieksplore begitu pula dengan konflik keluarga yang pengen banget ditonjolkan. Hehe. But overall, Heart Formula adalah salah satu novel local yang aku suka. btw, kenapa judulnya bisa Heartbreak Formula, ya?

Sabtu, 21 Mei 2016

DRAMA KEPEPET UJUNG BULAN

#JadilahSepertiBudi
#JadilahSepertiBudi - Eps. 1: http://youtu.be/-sSBWcFBGEo?rel=0&autoplay=1





Berapa kali dalam sebulan ketika kamu menengok ke dalam isi dompetmu namun yang kau temukan hanya beberapa lembar kertas bergambar pahlawan yang menenteng bilah? Lima kali? Sepuluh kali atau tiga puluh kali? Sepertinya kita tidak jauh berbeda.
Mungkin jutaan orang di luar sana (termasuk aku), pendapatan bulanan itu ibarat minum es the ketika beberbuka puasa. Rasanya sangat sedap di awal tapi setelah lewat tenggorokan, kesegaran lenyap begitu saja. Sekalipun berusaha untuk ngirit sengiritnya, toh efeknya Cuma secuil. Alhasil, tanggal tua menjadi kisah sedih tak hanya di hari minggu, tapi seminggu full. Apalagi ketika supermarket, department store dan toko buku mengadakan diskon besar-besaran di akhir bulan, bisanya Cuma ngiler memandang dompet yang tak pernah terisi.
Aku pernah mendengar cerita dari kwanku yang terbilang idenya.
                “Di awal bulan, saat dapat gaji mesti hemat. Tidak usah jajan di luar atau nonton bioskop dululah. Nah, nanti pas mau akhir bulan tuh, bolehlah sedikit boros, kan bentar lagi gajian. “
Sebenarnya sih waktu mendengar sarannya dia, aku Cuma ngangguk-ngangguk, mengiakan, tapi setelah dipikr sebenarnya intinya sama saja. Hanya mengubah pola belanja yang biasanya di depan sekarang jadi di belakang. hufh.


 

Godaan laki-laki itu wanita sedangkan godaan wanita itu sendiri adalah harta. Maka tak heran aku pun juga termasuk wanita yang ehem cukup boros. Aku pun mencoba membeli buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi dari salah satu penerbit buku di Yogyakarta. Mencoba menerapkan satu persatu step yang ada. Bagaimana hasilnya? Please jangan tanya sekarang. Masih terlalu suliiittt. So aku pun mencoba membuat trik dan tips sendiri brejibaku pada tanggal tua berdasarkan pengalaman pribadi. Cekidot.
1.       Beri alarm pada handphone, kalender atau apapun yang menandakan perang dengan tanggal tua akan segera dimulai.
Yah, bagaimanapun juga, melwana sesuatu juga harus pakai strategi dan taktik. Jangan sampai sebelum berperang kita sudah kalah.
2.       Tutup mata, telinga dan hidung.
Saat kita pergi keluar, rayuan makanan-makan lezat seperti musik-musik yang menggoda seluruh panca indera untuk membelinya. Bahkan nasi kotak yang berisi ayam goring terasa lebih sedap dari hari biasanya.
3.       Tahan nafsu untuk shopping, piknik atau jalan-jalan ke mall.
Bukan apa-apa nih. Kadang sekalipun tidak ada niat sama sekali untuk belanja, pas sudah ssampai di TKP, tiba-tiba reflek tangan langsung jail ambil barang, meluncur ke ksir dan bayar barang belanjaan tersebut. Ini sih aku, kalau kamu bagaimana?
4.       Simpan sebagian uang kamu di tempat tersembunyi dan juga ATM.
Nah ini dia jurus terakhir yang kulakukan. Sebenarnya ada untungnya juga membawa uang tunai dan ATM secara bersamaan saat bepergian. Tapi biar tidak boros, aku taruh uang pas yang cukup untuk paling nggak tambal ban jika bocor atau makan semangkuk mie ayam. Plus pulsa handphone tidak kurang untuk bisa menelpon seseorang.
Yeay. Sudah sampai di ujung obrolan. Semoga cuap-cuapku barusan berguna, ya. Karena bagaimapun wanita nantinya akan menjadi banknya keluarga jadi mesti hemat. Yosh!

Senin, 16 Mei 2016

CERPEN - POTRET

Awalnya, cerpen ini diikutsertakan dalam lomba cerpen bersama fabercastel. berhubung tidak menang, maka saya posting saja di blog :)


POTRET

“An, kamu baik-baik saja?” tanya Zain.
            Sekali pun Angel mengangguk sebanyak hitungan jari tangan kanannya, toh, wajahnya jelas melukiskan hal sebaliknya. Ia kedinginan.
            “Aku masih kuat kok. Bentar lagi sampai di pos III, kan?” sanggah Angel dengan sedikit menyunggingkan senyuman.
            Ulin, Angel, Zain, Frans dan Nika memulai pendakian Gunung Lawu lima jam yang lalu. Ini untuk pertama kalinya bagi Angel menuju Hargo Dumilah via Cemoro Kandang. Tahun yang lalu, ketika liburan tiba, mereka sepakat untuk mendaki gunung yang membatasi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini lewat jalur yang sedikit terjal.
            “Kamu bagaimana, Nika?” Zain melempar pertanyaan yang sama untuk teman perempuan satunya dalam perjalanan ini.
            “Sehat, Bos!” jawan Nika sekenanya. Tampilan Nika memang terlihat feminim, tapi dalamnya, cowok banget.
            “Eh, posnya udah kelihatan Zain,” ujar Ulin yang memimpin rombongan disusul Frans di belakangnya.
            “Alhamdulillah. Ayo Angel sedikit lagi,” seru Zain dan Nika yang berada di belakangnya.
***
            “Gue udah bilang kok ke Zain dari awal. Tapi dia bilang nggak masalah,” bisik Frans kepada Ulin.
Keduanya kini tengah mengopi di luar tenda yang setengah jam lalu baru didirikan.
            “Masa’ sih? Bukannya Zain udah sering bolak balik ke sini, ya? Mestinya dia udah paham pantangan-pantangan di gunung ini?” jawab Ulin.
Frans pun hanya mengangkat membahunya, menandakan kurang tahu. “Tapi sejauh ini, memang baik-baik saja,” imbuhnya kemudian.
            Di belakang pos IV, Zain dan Nika baru saja menyelesaikan sholat Asharnya sedangkan Angel tengah menenggelamkan dirinya dalam jaket waterproofnya. Entah apa yang dirasakan, ada sesuatu yang mengganggunya.
***
            “Yeay!” kompak berlima berteriak di atas Hargo Dumilah. Setelah berjalan sepuluh menit dari persimpangan Hargo Dalem dan Hargo Dumilah mereka sampai di ujung jalan Gunung Lawu.
            “Wajah kamu pucat, An. Kembali ke warung Mbok Yem dulu yuk,” ajak Nika yang disetujui oleh keempat teman yang lainnya.
            “Iya, Nik. Tapi tolong fotoin dulu, ya?”
            “Yaelah. Masih sempet-sempetnya minta foto. Dasar cewek,” seloroh Frans.
            Lima belas jepretan dari action camera yang dibawa Angel mengakhiri sesi pemotretannya di atas 3265 mdpl yang kemudian berpindahtangan kepada Frans. Sebenarnya dia pun gila kamera hanya tengsin.
            Angel berjalan menuju warung Mbok Yem tempat mereka menginap semalam. Ditemani Nika dan Zain yang membantunya membawa carrier, Angel sudah bersandar di pinggir warung.
            “Tidak apa-apa, An? Kuat kan untuk nanti turun?” tanya Zain khawatir.
            “Siap, Bos!” ungkap Angel menirukan Nika. “Aku cuma sedikit kedinginan,” imbuhnya kemudian.
            “Pakai ini dulu. Aku masih punya satu di dalam carrier.” Zain memberikan jaket windproofnya kepada Angel beserta teh panas yang ia pesan dari Mbok Yem.
            “Cie! Aku jadi obat nyamuk nih,” ledek Nika.
            “Daripada jadi nyamuknya, Nik,” balas Zain.
            Pipi Angel bersemu merah. Kenapa kita memanggil Tuhan dengan nama yang berbeda, Zain?
            ***
            “Nik, pernah dengar nggak kalo mendaki di sini nggak boleh berjumlah ganjil?” bisik Ulin kepada Nika. Sekarang posisi mereka berubah. Frans di depan disusul Angel, Zain, Nika dan Ulin.
            “Heh? Pernah dengar sih. Emang kenapa, Bro?” tanya Nika keheranan.
            “Terus kamu nggak khawatir nih. Kita berlima. Ganjil.”
            “Entahlah. Aku tidak percaya sih, Ul.”
            “Semoga.”

sumber: akuphoto.co.id

            Dua jam kemudian mereka sudah kembali ke titik nadir dari pendakiannya. Zain sudah membawa tiga gelas kopi hangat disusul Frans dengan dua gelas teh panas.
            “Eh, lihat hasil jepretannya tadi dong!” pinta Nika yang sudah menghabiskan setengah gelas kopinya dalam satu dua seruputan.
            Nika memencet tombol lingkaran berukuran seperempat inci untuk melihat hasil kamera milik Angel. Dari pos I dengan pemandangan sayur-mayur kepunyaan warga, sumber air panguripan hingga pos V yang dipenuhi ilalang serta bunga edelweiss pum tidak luput dari jepretan kamera berwarna merah cabe ini.
            “Wah, kamu kalau lagi sholat keliatan alim, Nik,” ledek Ulin.
            “Gue setuju, Lin. Eh, tapi loe juga keliatan keren kalau sedang ngopi bareng gue. Secara ketularan aura kegantengan gue sih,” timpal Frans tetap dengan bahasa loe gue nya.
            “Iya, nih. Kamu pinter ambil anglenya, An?” imbuh Zain yang langsung mengarahkan pandangannya ke Angel. Wajahnya lebih segar sekarang.
            “Ambil gambar kalian? Kapan?” sanggah Angel. Perasaan kemarin aku tepar saat mereka masih terjaga.
            Nika pun menunjukkan gambar yang ia maksud. Tentu saja ketiga temannya yang lain mempunya tanda tanya yang besar di atas kepalanya.
            “Sumpah demi Tuhan. Aku tidak mengeluarkan kamera itu sejak kita tiba di pos III dan baru mengambilnya kemarin saat kita tiba di Hargo Dumilah.”
            Angel pun terus menggeser foto-foto yang tersimpan di kameranya. Hingga bola mata cokelatnya membulat saat gambar dirinya yang membentangkan tangan di latarbelakangi awan terlihat janggal. Di sampingnya ada seseorang. Ah, bukan. Sesuatu yang sedang tersenyum.
            Kelima sahabat itu pun saling lempar pandang.