Senin, 11 Februari 2019

[REVIEW] ANOTHER 1 & 2

Judul: Another
Penulis: Ayatsuji Yukito
Penerbit: @penerbitharu
Jumlah hal:336 hal
Tahun terbit: Agustus 2018
Cetakan ke: -1
Penerjemah : @konstantin999
Penyunting: Rini N Badariah
Penyelaras Aksara: Titish AK
Desainer Sampul: Pola
Penata Sampul: @teguhgra

Konbanwa 😄
selamat malam dari kota Solo yang tadi sedikit hujan 😂

Cus langsung aja aku review novel Another 2 ya.

Jadi novel ini berkisah tentang Sakakibara Kouichi yang pindah ke SMP Yomiyama Utara dan masuk kelas 3-3. Semua orang di kelas tampak ketakutan akan suatu hal. Kouichi mendekati Misaki Mei. Tapi entah kenapa semua orang tidak mengenal Mei dan perlahan satu persatu orang yang berkaitan dengan kelas 3-3 mati. Sebenarnya apa yang terjadi?

"Heh?!" kata pertama yang aku ucapin pas buku 1 ini selesai kubaca. Aku ikut kebawa alur penulisnya dan salah tebak coba 😂

Aku jarang sekali puas dengan novel bernuansa misteri tapi Another ini suasana spooky-nya dapat banget dengan narasinya yang pas. Nggak lebay. Apalagi petunjuk-petunjuk yang sengaja digantungin penulis biar pembaca makin penasaran. Hmm, salut deh.
Hal lain yang bikin betah baca adalah pilihan huruf. Font-nya enak dan ukurannya standar. Dan pas buka ngikutin novelnya, aku kayak langsung masuk ke dunia J-Lit Penerbit Haru. Lalu covernya ini the best. Udah nampak horornya dan eye catching. Aku rasa Penerbit Haru jago bikin cover seram 😬

Hanya saja, setting tempat si novel ini kurang dieksplore. Eh tapi aku suka pas penggambaran toko patung milik Misaki Mei. Pembangunan suasananya keren.

Salah satu hal yang dipertimbangkan dari buku terjemahan adalah terjemahan itu sendiri dan Another ini terjemahannya cukup luwes. Karena aku sedikit memahami gaya bahasa J-Lit yang emang gini. Well, tiap negara atau penulis punya gaya mereka masing-masing kan? 😊

Dan ending? Fyuhh, aku terpesona. Pokoknya must be read lah Another ini.

Lalu bagaimana dengan karakter di dalamnya? Tokohnya menyebalkan semua. Kecuali si Sakakibara ini 😅 Aku sendiri sangat membenci bullying dan Another ini yang melakukan perundungan adalah murid sekelas dan beberapa guru. Wow. Seolah kita diberitahu untuk stop bullying dalam bentuk apapun

Terima kasih Penerbit Haru sudah menerjemahkan salah satu karya Ayatsuji senpai, salah satu penulis yang mendapat penghargaan Mistery Writers of Japan. Semoga ada karya beliau yang diterjemakan lagi

"Murid-murid dan guru bersatu padu untuk menganggap seorang murid sebagai orang yang tidak ada. Kalau dipikir baik-baik, ini bukan hal yang biasa. Ini perundungan serius. Karena itu, aku tadi berkata dengan nada kasar bahwa ini tidak mungkin diperbolehkan. Namun... "(hal. 280)

PS: Another ini sudah ada versi anime dan live actionnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar