[REVIEW] NON FIKSI - SUKSES MEMBANGUN TOKO ONLINE
Penulis :
Carolina Ratri
Editor :
Herlina P. Dewi
Proof Reader :
Weka Swasti
Desain Cover :
Teguh Santosa
Layout Isi :
Deeje
Penerbit :
Stiletto Book
Cetakan :
I, Juli 2015
Harga :
Rp. 44.000,00
Ehem, jadi mau cerita dulu ya dapat
buku gratisan (lagi). Jadi waktu itu ada arisan buku di goup facebook dari
member Stiletto Book. Nah, saya menang nih. Dapat buku berjudul Play and Learn.
Terus momentumnya pas banget dengan kuis yang diadakan mbak Meta Hanindita (penulis
Play and Learn) dan saya pun ikut kuisnya. Eng ing eng. Saya menang juara kedua
yang hadiahnya clear bag dan dua buku terbitan Stiletto Book
yaitu Sukses Membangun Toko Online dan 50 Kreasi Bento Rumahan. Berhubung stok
50 Kreasi Bento Rumahan habis, jadi sebagai gantinya adalah buku Say Yes to
Homemade MPASI (yang ini ditunggu reviewnya ya).
Walaupun terlalu telat untuk mereview,
harap dibaca plus kritikannya ya.
Hari gini, siapa sih yang tidak kenal
online shop. Kepraktisan jual beli yang dapat dilakukan dengan genggaman tangan
membuat toko online menjamur di mana. Dari facebook, twitter, bahkan sekarang
instagram. Aplikasi perantara jual beli gratisan pun marak seperti bukalapak,
olx, elevenia, lazada, tokopedia, dan masih banyak lagi. Dari pilihan yang ada,
facebook menjadi media yang paling banyak digunakan. Mudahnya mencari teman dan
berpromosi mejadi alasan yang pas untuk mereka yang mau mencoba memulai bisnis
online.
Buku karya Carolina Ratri ini terbagi
menjadi 8 bab ditambah pendahuluan dan penutup.
Pendahuluan
A. Apa itu Toko Online?
B. Mengapa Berbisnis Toko Online?
Bab I Persiapan Toko Online
A. Tentukan Sistem Penjualan
B. Tentukan Produk yang Ingin Dijual
C. Tentukan Jasa Pengiriman
D. Tentukan jalur Pemesanan
E. Branding Toko Online
Bab II Membuat Situs Web Toko Online
A. Berkenalan dengan Blogpsot
B. Membuat Akun Blogspot
C. Membuat blog di Blogspot
D. Mengenal Antarmuka Blogspot
Bab III Manajemen Konten Toko Online
A. Mengenal Halaman Antarmuka Pos Produk
B. Membuat Pos Produk
C. Menambhakan Foto Produk
D. Membuat Halaman “Tentang KAmi” dan
Halaman-Halaman Lain
Bab IV Mempercantik Tampilan Toko Online
A. Website Penyedia Template Gratis
B. Mengganti Template Web
C. Fitur dalam Situs Web Toko Online
Bab V Mepromosikan Toko Online
A. Promosi Melalui Jejaring Sosial
B. Auto Posting Promosi
C. Memanfaatkan Portal Jual Beli
Bab VI Menganalis Pengunjung Web
A. Statistik Pengunjung Web
B. Arti Pengunjung Bagi Situs Web
Bab VII Mendapatkan Pelanggan
A. Menjual Nilai
B. Menciptakan keinginan
C. Strategi Pemasaran yang Tepat
D. Optimasi Situs Web
Bab VIII Beberapa Referensi Toko Online
A. Ladaka Handicraft
B. Raja Undangan
C. Dapur Hangus
Penutup
A. Manajemen Keuangan yang Tertata dan Tepat
B. Jangan Takut Mencoba
C. Siapkan Bujet
D. Alokasikan Waktu
E. Sikap Seorang PEmenang
Buku Sukses Membangun Toko Online ini
pun menjabarkan step by step dari membuat email hingga membuat page yang khusus
digunakan berdagang. Bahkan diajari pula
membuat logo dari aplikasi gratis yaitu logo type maker (Hal. 35). Karena google mempermudah penggunanya, di
buku ini pun ditunjukkan bagaimana membuat blog dari blogger.com dan pastinya bagaimana cara memanajemen blog
dengan baik.
Di bab 7, pembaca diberitahu bagaimana
mendapat pelanggan. Salah satunya dengan memberikan respon cepat dan mudah
dihubungi. Ahhh, pokoknya harus baca buku ini buat para online shop pemula.
Sejauh yang saya baca, informasi yang diberikan mudah dicerna dan simple. Saya
pun belum menemukan typo di dalamnya, jadi dua jempol untuk editor.
Jadi supaya tidak tersesat dalam
memulai online shop, baca buku seperti ini recommended banget.
Oh, ya sekalian promosi, nih. Saya juga
punya toko online yang khusus membuat handmade shoes yaitu sepatu yang dibuat
by request oleh pembelinya. Boleh intip di sini ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar