Minggu, 10 Januari 2016

[REVIEW] NOVEL - DAE-HO'S DELIVERY SERVICE

[REVIEW] NOVEL - DAE-HO'S DELIVERY SERVICE OLEH PRETTY ANGELIA




Penulis                      : Pretty Angelia
Editor                          : Cicilia Prima
Desain Cover           : Margareta Devi dan Ivana P. D.
Ilustrator Isi                : Mico Prasetya
Penata Isi                  : Yusuf Pramono
Penerbit                     : Grasindo
Cetakan                     : Agustus, 2015
Jumlah halaman      : 226 halaman + vi
ISBN                           : 978-602-3751-648
Harga                         : Rp. 48.000,00*

Ehem ehem. Jadi seperti biasanya, saya mau curhat dulu ya sebelum mereview buku ini. Jadi waktu itu ada pengumuman lomba dari penerbit Grasindo yang disebut dengan PSA (Publisher Search Author). Nah tahun ini sudah memasuki tahun ke 3 dan deadline hanya sebulan. Dan yang bikin wow itu adalah hadiahnya. Jalan-jalan ke Korea Selatan. Langsung deh semangat 45 mencoba membuat novel. Tapi apa mau dikata, setelah deadline diundur, saya malah tepar di awal puasa Ramadhan. Jadilah saya tidak ikut.
            Nah, tak lama kemudian pihak Grasindo mengumumkan pemenang yang beruntung untuk traveling ke Korea Selatan beserta naskahnya. Saya pun langsung kesengsem ketika Dae-Ho Delivery Service ini terbit. Alasan pertamanya karena novel ini menjadi pemenang utama kategori fiksi dewasa dengan tema yang tidak biasa pula. Eh, tanpa perlu babibu lagi, cek reviewnya ya.

Karena ada sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kata … (Hal. 2)

Han Dae-Ho memutuskan meninggalkan Seoul yang penuh kenangan dengan keluarganya ketika ia tahu bahwa dirinya hanya seorang anak angkat dari Eomma dan Appanya. Berusaha menghidupi dirinya, ia pun mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobinya, yaitu jalan-jalan. Lirikannya jatuh pada sebuah pekerjaan dengan gaji setara lulusan sarjana. Berangkatlah ia ke Samseong-dong menuju Wing Express. Di sana ia bertemu dengan Choi Hyun-Ki, pemilik sekaligus pengelola tempat yang ia lamar. Tanpa banyak persyaratan, Dae-Ho diterima bekerja di tempat itu dan mendapatkan fasilitas motor ditambah DP gajinya sebagai bukti bahwa perusahaan ini bukan tipu-tipu. Hyun-Ki ssi pun dengan baik hati mengganti nama perusahaannya dengan Dae-Ho Delivery Service. Berbeda dari tempat pengantar surat lainnya, tugas Dae-Ho harus menyakinkan pembaca untuk menerima surat. Jika tidak ia harus membacakan isi surat tersebut kepada penerima. Perjalanan Dae-Ho pun dimulai.

Aku baru menyadari ternyata dilupakan itu lebih menyakitkan dibanding ditinggalkan dan dikhianati. (Hal. 46)

Tugas perdananya adalah mengantar surat kepada Chung-Ae dari Lee Bon-Hwa, mantan pacarnya. Sebagai hadiah, Dae-Ho mendapat siraman air dari Chung Ae. Surat selanjutnya ditujukan kepada murid anak TK, Euna yang mendapat surat cinta Yoon Joo-Woon, anak SD sebelah. Ia pun dituduh aneh-aneh oleh wali kelas Euna. Satu persatu surat uang diantar Dae-Ho malah banyak memberikan jawaban atas pelariannya selama ini. Sampai pada tugas terakhir yang diberikan Hyun-Ki ssi mengantarnya kepada seseorang yang ia ingin hindari selama hidupnya. Siapakah ia? Lalu apa hubungan Hyun-ki ssi sebenarnya dengan Dae-Ho hingga ia mau mengubah nama perusahaannya dengna nama Dae-Ho? Apakah Dae-Ho akan berani menyongsong masalah dan menyelesaikannya?
Penasaran kan? Ke toko buku, beli lalu baca, ya?
Novel karya Pretty Angelia ini cocok bagi mereka yang ingin memulai membaca novel. Gayanya yang ringan dengan ending di bagian babnya membuat pembaca tidak bosan (itu yang dikatakan teman saya yang tidak suka membaca). Namun, jangan salah, walaupun per bab terpisah tapi masih berkesinambungan. Apalagi twist di bagian akhir, hmmm. Sebenarnya alurnya sedikit mudah ditebak, namun dijamin pembaca bakalan terus ingin membuka lembar per lembar.
Sayangnya, meskipun berlatar Korea Selatan, tempat-tempat yang super beautiful di sana kurang digambarkan secara detail. Sebenarnya ini isi hati saya sendiri sih yang suka banget pemandangan digambarkan secara rinci, hehe.
Typo? Saya belum menemukannya. Dua jempol untuk sang editor. So, buat kamu yang ingin membaca tema tentang Korea tapi tidak cuma tentang cinta-cintaan kayak drama yang sering ditonton, Dae-Ho Delivery Service adalah buku yang pas. Maaf spoiler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar